Ketika Senja Berganti

by Sabtu, 22 Juli 2017

Senja sudah tak sanggup menahan malam, ini pertengahan tahun yang manusia nantikan dan dijadikan sebagai pertimbangan akan harapan yang bersemayam, melepaskan seluruh harapan untuk diwujudkan. Detik terus berjalan, hari terus bertukar dan tahun terus digantikan, bermetamorfosis menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar organisme terpintar dalam kerajaan hewan. Melihat manusia saling menceritakan pengalaman, membuatku ingin sedetik saja di dalam ketenangan, seperti tinggal landas mengudara menuju bulan, meninggalkan habibat yang selama ini menjadi tempat tinggal. Andai boleh berganti peran, mungkin mempunyai sayap lebih menyenangkan, terbang di atas awan dan mendengarkan harmoni yang alam suguhkan, bernyanyi mengikuti suara angin yang terus bergoyang.

Awal pertengahan tahun ini senja sudah tak menarik lagi, padahal selama ini di penghujung hari aku selalu menunggu senja segera tiba, tapi hari ini hatiku terus berdoa agar pagi segera menyapa, melihat surya menerangi jagat raya, seperti menunggu matahari memberikan cahayanya untuk aku yang sedang berfotosintesis, seperti melupakan sejuta kenangan dengan malam yang nyatanya selalu merampas oksigen yang telah aku kumpulkan. Aku rasa selama ini malam sudah membuatku dimabuk kepayang akan kenangan, bahkan beberapa tulisan selalu ada kata malam yang aku sisipkan, rasanya tidak adil jika aku terus menganggumi malam yang terus membuatku kelelahan, sedangkan pagi dan siang yang selalu menerangi pertumbuhan dan perkembanganku selalu diabaikan. Mungkin ini yang dikatakan manusia bergaya hidup nomadisme, nekat mengembara demi mendapatkan sesuatu yang lebih menyenangkan dan menenangkan dari sekarang.

Hidup selalu berbagi, bertahan dengan kenangan atau menyambut masa depan, keluar dari kandang yang nyaman atau megembara ke hutan yang penuh dengan rintangan, berdiam di dalam sangkar yang penuh dengan kenyamanan atau terbang bebas menyusuri setiap awan, semua itu berbagi akan pilihan.  Aku sadar, tidak semua hal yang membuat nyaman itu baik untuk pertumbuhan, terkadang tindakan yang di luar dugaan harus dilakukan demi suatu perubahan, biarlah yang telah menjadi kenangan menjadi satu penemuan yang akan menjadi sejarah yang dijadikan suatu penemuan bukan untuk terus di kenang dan di rindukan. Senja yang kemarin telah menarik hatiku telah berhasil digantikan oleh pagi dan siang, biarlah setiap waktu mempunyai ruang tersendiri di hati ini.


Sumber Foto : https://www.negativepregnancytest.com/wp-content/uploads/2014/02/Pregnancy-Test-At-Night-vs-Morning.jpg