Mendeteksi Kepribadian

by Kamis, 15 Maret 2018

Hallo, selamat datang untuk para pembaca yang baru mengunjungi blog ini, dan selamat datang kembali untuk teman-teman yang sering mengunjungi blog ini. Gak seperti biasanya yang menulis sajak, kali ini penulis mencoba berbagi pengalaman bersama kalian mengenai "Kepribadian", kepribadian bukan hal yang umum lagi di kalangan masyarakat, banyak dari kalian mungkin tertarik dengan kepribadian orang lain, tujuannya agar kalian dapat berkomunikasi dengan baik dengan si orang itu atau bahkan hanya sekedar menarik hati si orang tersebut. Disini penulis yang masih belajar dan awam ingin berbagi sedikit pengalaman menganalisa kepribadian orang lain, penasaran? Yuk kita bahas satu persatu cara menganalisa kepribadian.

Mencari tahu kepribadian orang lain memang tidak mudah, tapi setidaknya kita tahu kepribadian orang tersebut secara garis besar. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya, dari mulai menganalisa dengan waktu hanya 5 detik dan bahkan sudah mengenalnya lebih lama. Lets see...

A. Mengetahui kepribadian seseorang dengan melihatnya saja

Yang pertama cara mengetahui kepribadian seseorang hanya dengan melihat kebiasannya atau melihatnya dari luar:

1. Sepatu

Menurut beberapa artikel yang pernah penulis baca, seseorang yang mudah gelisah cenderung merawat sepatu mereka dengan sangat baik, sementara untuk orang-orang yang menyenangkan cenderung memilih sepatu yang praktis. Nah kalian termasuk yang mana nih? Lain lagi dengan seseorang yang pendiam dan kalem, mereka biasanya memilih sepatu yang kurang nyaman dipakai dan terakhir orang yang agresif, mereka cenderung memilih sepatu boots yang menutupi. Dari pengalaman penulis, sering menemukan seseorang yang sangat apik dalam merawat sepatunya setelah dilihat-lihat ternyata mereka memiliki sifat gelisah yang lebih besar ketimbang mereka yang lebih memilih sepatu yang praktis.

2. Raut muka garang

Buat kalian yang sering menganggap negatif wajah orang garang jangan langsung mehakiminya bahwa dia adalah orang yang tidak baik, justru mereka yang memiliki wajah garang dalam kondisi tertentu bisa menjadi orang yang lebih baik dari yang lain, biasanya mereka memiliki sifat kooperatif dan ambisius, mereka akan melakukan apapun untuk meraih kemenangan.

3. Bentuk wajah

Menurut penelitian dari buku yang pernah penulis baca, orang berwajah simetris cenderung mempunyai masa kecil yang bahagia, sehingga berpotensi menjadi kaya di masa depan. Lain lagi dengan orang berwajah asimetris kemungkinan besar adalah seorang pemimpin.

Penulis yakin sekarang kalian sedang memikirkan seseorang, untuk dijadikan objek pemilihan kepribadian ini. Right? :D

B. Mengetahui kepribadian seseorang dengan hanya baru mengenal

Rasa penasaran selalu menggerogoti hati mereka yang ingin tahu kepribadian orang yang menurutnya menarik. Berikut cara mengetahui kepribadian seseorang dengan hanya kalian baru mengenalnya :

1. Jabat Tangan

Pernahkah kalian melihat orang yang baru bertemu langsung berjabat tangan? Orang-orang pembisnis berjabat tangan dengan kliennya? Berdasarkan survei dari Quora, masyarakat lebih banyak menilai seseorang pertama kali dengan berjabat tangan. Jabat tangan yang kuat biasanya mencerminkan seseorang yang percaya diri dan ekspresif dalam menyampaikan pemikrian mereka, sedangkan kebalikannya adalah seseorang yang kurang akan percaya diri.

2. Lihat caranya memanfaatkan waktu

Time is money, pernah mendengar istilah itu? yups benar sekali orang yang selalu on time dan perhitungan dengan waktu biasanya mereka adalah orang yang proaktif dan teratur, mereka memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Eitss jangan salah dulu, mereka yang sering terlambat dan berleha-leha bukan berarti mereka tidak baik, biasanya mereka adalah orang-orang yang santai dan menikmati waktu yang sedang mereka lalui.

3. Melihat dari cara meminum

Percaya atau tidak kepribadian diri bisa dilihat dari cara seseorang meminum air, menurut berita survey yang pernah penulis baca, seseorang yang melihat kedalam cangkir ketika sedang meminum cenderung lebih mawas diri, sadar diri, idealis dan fokus. Sedangkan yang melihat bibir cangkir ketika minum, cenderung mudah dipengaruhi orang lain, lebih sadar lingkungan, riang, ekstrovert dan mudah percaya.

4. Ponsel

Di era yang serba canggih ini, masyarakat tidak lepas peran dari perkembangan smartphone atau gadget, tapi tahukah kalian penggunan kita dalam smartphone juga mampu mendeteksi kepribadian kita. Ketika kalian sering melirik ponsel untuk sekedar memperbaharui status media sosial, ini bisa berarti kalian kurang stabil secara emosial dan mencoba meningkatkan suasana hati.

5. Kontak Mata

Seseorang yang membuat kontak mata berarti orang tersebut percaya diri dan dominan secara sosial.

C. Gunung atau Pantai?

Siapa nih yang suka mendaki gunung atau bersantai menikmati suara ombak di pantai? Kalian jika disuruh memilih antara gunung atau pantai apa jawaban kalian? Tentu saja jawabannya berbeda-beda ada yang memilih gunung, ada juga yang akan memilih pantai. Menurut artikel yang pernah penulis baca gunung dan pantai dapat menggambarkan kepribadian seseorang, termasuk Intovert atau Ekstrovert. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu inrovert dan ekstrovert, penulis beri sedikit penjelasan. Keduanya merupakan kepribadian manusia, dimana introvert adalah kepribadian yang lebih berkaitan dengan dunia dan pikiran manusia itu sendiri, biasanya orang introvert lebih cenderung menutup dirinya dari kehidupan luar, sedangkan ekstrovert adalah kebalikan dari intovert, orang ekstrovert biasanya lebih membuka diri mereka dari kehidupan luar. Nah setelah mengetahui apa itu introvert dan ekstrovert, selanjutnya penulis akan memaparkan kepribadian seseorang yang memilih gunung atau pantai.

Gunung - Introvert

Orang dengan kepribadian introvert biasanya digambarkan sebagai seseorang yang menutup diri dan tidak terlalu suka dengan gangguan dari luar. Nah untuk itu orang introvert memilih gunung karna gunung merupakan dataran tinggi yang sulit dijangkau oleh kebanyakan manusia, dan ini dijadikan tempat yang cocok untuk mereka mengisolasi diri.


Pantai - Ekstrovert

Orang dengan kepribadian ekstrovert akan lebih memilih pantai sebagai tujuannya untuk berlibur, selain itu pantai biasanya lebih ramai daripada gunung, serta banyak dikunjungi oleh orang-orang, karena orang ekstrovert lebih suka menjadi pusat perhatian. Di pantai juga banyak orang yang bisa diamati, diajak berbicara dan diajak bermain.

D. Kepribadian dari warna kesukaan

Secara garis besar penulis mengambil tulisan dari artikelnya science.idntime untuk mendeteksi kepribadian dari warna kesukaan. Menurut artikel tersebut analisis warna terhadap kepribadiaan lebih cocok ke wanita sebab  lebih menunjukan kesukaanya secara terbuka dibandingkan kaum pria. Nah berikut nih kesembilan warna yang mewakili kepribadian seseorang.

1. Hitam

Orang yang memilih warna hitam memiliki kepribadian :
  1. Suka mengatur
  2. Selalu ingin dihargai
  3. Memiliki gengsi yang cukup besar
  4. Takut mengambil resiko
  5. Penuh pertimbangan
  6. Aktif

2. Putih

Orang yang memilih warna putih memiliki kepribadian :
  1. Sensitif
  2. Memiliki sisi mendendam
  3. Rapih

3. Pink

Orang yang memilih warna pink memiliki kepribadian :
  1. Mudah bergaul
  2. Seringkali menunjukan sisi kekanak-kanakan
  3. Manja
  4. Mendramatisir suatu hal
  5. Romantis
  6. Ceria

4. Merah

Orang yang memilih warna merah memiliki kepribadian :
  1. Periang
  2. Pemberani
  3. Berani mengambil risiko dalam setiap langkah
  4. Menyukai tantangan
  5. Kurang sabar
  6. Dapat menahan marah namun jika sudah tahap puncak toleransi, kemarahannya akan sulit dikontrol dan cenderung dapat sampai menangis karena menahan marahnya yang sudah memuncak
  7. Memiliki energi kehangatan dan cinta.

5. Biru

Orang yang memilih warna biru memiliki kepribadian :
  1. Menyenangkan
  2. Bijaksana
  3. Pembawaan diri tenang saat menghadapi masalah
  4. Dinamis
  5. Senang berbagi
  6. Bersahabat
  7. Tidak terlalu suka menjadi sorotan banyak orang
  8. Menyembunyikan perasaan karena karakternya yang cenderung mencari jalan damai

6. Hijau

Orang yang memilih warna hijau memiliki kepribadian :
  1. Romantis
  2. Menyukai hal yang berbau alami dan keindahan
  3. Teguh pada prinsip
  4. Menginginkan kesempurnaan
  5. Mudah cemburu
  6. Mudah merasa iri
  7. Menjunjung tinggi suatu nilai toleransi dan kepercayaan.

7. Kuning

Orang yang memilih warna kuning memiliki kepribadian :
  1. Optimis
  2. Suka bergaul
  3. Periang
  4. Senang menolong
  5. Lincah dan aktif
  6. Tidak suka meremehkan kekurangan orang lain
  7. Loyal
  8. Hangat
  9. Meskipun karakternya optimis dan idealis, seringkali goyah dan tidak stabil
  10. Cenderung penakut

8. Ungu

Orang yang memilih warna ungu memiliki kepribadian :
  1. Optimis
  2. Tidak pernah ragu
  3. Menurutnya pasangan yang ideal adalah yang memiliki mental yang kuat
  4. Memiliki ambisi yang besar
  5. Memiliki empati yang besar
  6. Memiliki sisi misterius sebab seringkali menutupi perasaannya
  7. Terkadang bersikap keras kepala dan angkuh

9. Coklat

Orang yang memilih warna coklat memiliki kepribadian :
  1. Egois
  2. Memegang teguh pada prinsip
  3. Idealis
Itulah cara melihat kepribadian orang lain dari setiap sudut, balik lagi jangan menjadikan ini sebagai pedoman untuk kalian langsung menjudge orang lain ya, ini hanya sebagai acuan kalian berkomunikasi, karna kepribadian dapat berubah seiring berjalannya waktu, pengaruh lingkungan dan beberapa hal lainnya. So, keep your communication with others :)

*Mohon untuk tidak menyalin kembali tulisan ini tanpa mencantumkan author

Sumber Foto : https://www.pexels.com/